Laman

Jumat, 10 Mei 2013

PEMBELAHAN MITOSIS

Pembelahan mitosis adalah pembelahan yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom sel induk . pembelahan mitosis berfungsi untuk pertumbuhan, untuk mengganti sel- sel yang rusak, dan untuk mempertahankan jumlah kromosom. pembelahan mitosis hanya terjadi pada sel- sel eukariota. pada tumbuhan, pembelahan mitosis terjadi pada jaringan meristem, misalnya pada ujung akar dan pucuk batang. sementara itu, pada hewan, pembelahan mitosis terjadi pada semua sel-sel tubuh (somatis), kecuali sel- sel kelamin (gamet). pembelahan mitosis terdiri atas empat tahap, yaitu profase, metafase, anafase dan telofase.

 a. profase
      pada awal profase, sentrosom mengalami replikasi sehingga dihasilkan dua sentrosom. selanjutnya, masing- masing sentrosom bermigrasi ke kutub- kutub inti sel yang letaknya berlawanan. pada saat yang bersamaan mikrotubulus mulai terlihat diantara 2 sentrosom dan membentuk benang- benang gelendong. pada tahap ini , kromosom dapat diamati dengan jelas, terdiri atas 2 kromatid identik yang masih terikat pada sentromernya. nukleolus dan membran inti menghilang.

b. metafase
     pada tahap ini kromatid bersaudara bergerak ke bidang ekuator dan membentuk lempeng metafase setiap sentromer memiliki 2 kinetokor yang melekat pada sentromer .

c. anafase
     pada tahap ini masing- masing kromatid memisahkan diri dari sentromer dan masing- masing kromosom membentuksentromer. masing- masing kromosom di tarik olehserabut kinetokor sehingga terpisah dan bergerak menuju kutub- kutub yang berlawanan. sitokinesis mulai terjadi pada akhir anafase.

d. telofase
     tahap telofase dimulai ketika masing- masing kromosom telah sampai pada kutub- kutub yang berlawanan. pada tahap ini , benang- benang gelendong tidak terlihat lagi dan kromosom menjadi panjang , tiipis, serta tidak dapat dilihat dengan jelas . kromosom berubah menjadi kromatin . membran inti mulai terbentuk dan sitokinesis telah lengkap. pada akhir telofase dihasilkan 2 sel anak yang identik dengan sel induknya.

untuk lebih jelasnya lihat video ini,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar